Tips untuk Kesuksesan Web
Pekerjaan terbesar
webmaster adalah meningkatkan trafik mereka menjaga agar pelanggan Kembali lagi. Pembuatan situs adalah satu
hal, namun asal buat dan posting sebuah website tidak menjamin trafik-nya.
Cara untuk Menarik Pengunjung Situs
(1) Internet Adalah
Media Baru
Paling tidak
dibandingkan dengan media massa cetak. Situs adalah sampah jika hanya mengulang
kembali sesuatu yang tidak dapat disajikan oleh media cetak. Jangan jadikan
situs hanya sebagai brosur online. Masukkan fitur yang mengambil keuntungan
internet sebagai media komunikasi. Saring informasi darinya. Sediakan kemampuan
pencarian. Sediakan interaktivitas dengan fitur seperti forum, kuis, dan
perangkat. Pengunjung menyukai web sebagai sarana berinteraksi.
(2) Jaga Kunjungan
Pelanggan Sebagai Hal yang Sangat Bernilai.
Jika seseorang
mengunjungi situs Anda, Anda dapatkan perhatiannya atas nilai waktu kunjungan tersebut. Anda dapat
memanfaatkan hal tersebut atau justru
kehilangannya – dengan cepat. Mayoritas pengunjung memiliki durasi perhatian yang pendek, rancangan apa yang hendak dibuat
untuk homepage situs Anda agar perhatian
pengunjung tertawan dan memberikan cara tepat atas apa yang mereka cari, seperti berjalan menuju restoran. Jika
Anda masuk dan hanya ada di sana tanpa
ada yang menghampiri dan menyapa, Anda mungkin heran atas apa yang terjadi. Tetapi, jika tuan rumah datang dan
menyapa Anda segera dan menunjukkan
tempat yang masih kosong, lantas Anda ada di sana beberapa saat dan
menikmati makanan Anda. Analogi serupa juga berlaku bagi situs. Jangan
memperumit homepage situs Anda. Hasil terbaik akan didapat jika Anda sejelas
mungkin membuatkan area yang dapat
diklik untuk menemukan apa yang dicari.
(3) Rancang Situs
untuk Kebutuhan Pelanggan, Bukan Perusahaan.
Situs Anda harus
memuaskan kebutuhan pelanggan, bukan perusahaan. Maka, jangan masukkan konten yang tidak berguna bagi
pelanggan situs. Hindari publikasi
pemasaran berlebihan tentang perusahaan. Hal tersebut hanya meningkatkan
ego perusahaan lebih besar daripada membantu
pelanggan Anda.
(4) Libatkan
Pengunjung.
Pertahankan agar
pengunjung tetap terlibat dan buat mereka merasa seperti kontributor berharga. Secara aktif mintakan
feedback dan saran. Lakukan komunikasi
dengan pengunjung dan jawab pertanyaan yang diajukannya dengan segera. Ketika berkomunikasi seperti itulah,
catat alamat emailnya. Hal ini
mungkinkan Anda tetap berkomunikasi dengan mereka walaupun mungkin
mereka telah berpaling atau melupakan
Anda.
(5) Tetap Up to date.
Anda butuh konten
untuk situs yang tersedia dan relevan dengan kehidupan pengunjung. Posting
berita bulan lalu tidak menarik. Posting informasi produk kering yang tidak pernah berubah tidak akan
menarik. Anda harus memiliki informasi
produk dan lainnya pada situs yang tidak akan berubah banyak, namun Anda juga dapat memasukkan lebih banyak
konten tepat waktu. Anda bisa,
mengirimkan konten tentang bagaimana produk Anda dapat digunakan dalam
situasi kehidupan tertentu. Sediakan
tips dan teknik – hal yang segera dapat
diaplikasikan dan memecahkan masalah.
(6) Beri Perhatian
pada Bentuk/Rancangan.
Beberapa situs
terlihat berlebihan. Grafik besar hanya lebih menarik perancang situs bukan pengunjung. Jangan gunakan grafik
yang besar dan tak bernilai. Ingat, beberapa pengunjung mungkin masih mengakses
situs Anda menggunakan dial-up. Situs Anda harus mampu melakukan loading dengan
cepat bagi semua pengguna. Situs lambat akan menyebabkan pengguna Anda pergi
dengan cepat. Maka dari itu, perhatikan ukuran grafik dan rancangannya.
Beberapa web designer hanya bekerja pada resolusi layar yang tinggi dan
terkadang lupa bahwa bahkan grafik terlihat biasa bagi Anda, tetap saja akan
terlihat besar bagi pengguna dengan resolusi kecil. Pada flip side, jangan
terlalu mengkilat pada grafik. Situs yang dirancang sederhana dan menggunakan
default font dan tanpa warna juga tidak telihat cantik. Beberapa pengunjung
situs, entah itu sengaja atau tidak, mengomentari perusahaan Anda dari situsnya
atau mereka dapatkan sesuatu untuk dimanfaatkan. Situs yang dirancang dengan
baik mengkomunikasikan profesionalisme. Terlalu sedikit rancangan juga
menjadikan situs seperti ketinggalan jaman.
(7) Promosi.
Jika pengunjung
menghubungi Anda melalui e-Mail, paling bagus menggunakan bentuk web. Bukan
memberikan kemungkinan alamat email Anda disalahgunakan oleh spammer, namun
untuk keperluan pengajuan pertanyaan kepada kustomer tentang alamat email mereka
dan menyimpan alamat tersebut untuk keperluan mendatang. Aktifkan strategi
pemasaran “push/pull”. Pengunjung yang datangi situs Anda adalah tarikan, namun
selanjutnya Anda dapat menggulirkan konten kepada mereka dalam bentuk
newsletter atau materi promosi. Jalankan mailing list dan manfaatkan. Undang
pengunjung untuk mendaftarkan diri. Promosi dapat membangun atau bahkan merusak
bisnis, dan selama Anda respek terhadap pertimbangan etika mailing list
tersebut, Anda dapat memanfaatkannya.
(8) Jangan Lakukan
Isolasi.
Internet adalah media
yang dibagi dengan jutaan pengguna lainnya. Ketika membuat situs, jangan
memfungsikannya seolah-olah Anda adalah pulau tersendiri. Keluarlah dan cermati
apa yang tengah terjadi pada situs lainnya yang berhubungan dengan situs Anda.
Ikut ambil bagian dalam forum. Cantumkan link ke situs lainnya dan mintakan
sambungan balik dari link tersebut. Bentuk kemitraan dengan situs lainnya jika
memungkinkan. Jika menyangkut masalah komunikasi, orang lebih menyukai hubungan
personal. Penyembunyian alamat e-Mail umum seperti “penjualan” dan “informasi”
tidak apa-apa selama ada cara juga menghubungi Anda dengan tepat. Situs
perusahaan yang memungkinkan e-Mail langsung menuju pihak manajemen itu bagus.
Namun ingatlah berapa besar Anda tidak menyukai pemanggilan pihak perusahaan
dan terjebak dalam sistem telepon mereka. Terkadang Anda hanya perlu berbicara
dengan seseorang. Beri pengunjung Anda kemungkinan itu.
(9) Buat Rencana
Menarik Kembali Trafik.
Gunakan newsletter,
e-Mail keluar, kontes, forum, klub, lelang – apa saja yang dapat menarik
kembali pengunjung ke situs Anda. Jika memasukkan link ke situs lain, jangan
hanya mengirimkan pengunjung Anda ke tempat lain. Mereka tidak akan kembali
lagi. Sediakan mereka exit page. Sediakan pop-up jika mereka berusaha
meninggalkan situs Anda atau kecilkan kemungkinan munculnya link eksternal
dibuka dalam jendela baru.
(10) Telusuri
Pengunjung Anda
Cermati statistik
situs Anda dan ambil tindakan signifikan. Apa yang dibaca pengunjung? Bagaimana
cara mereka menemukan Anda? Apakah mereka hanya muncul dan pergi begitu saja
meninggalkan homepage Anda? Berapa lama mereka mengunjungi situs Anda? Apakah
mereka kembali lagi? Data tersebut jelas sangat berguna dalam pembuatan situs
Anda yang bagus sesuai kebutuhan dan keinginan pengunjung Anda. Ingat,
kesalahan terbesar beberapa webmaster adalah pembuatan rancangan situs untuk
kebutuhan mereka saja. Situs yang sukses dirancang untuk pengunjung targetnya,
bukan mengesankan pemilik situsnya.
0 Response to "Tips untuk Kesuksesan Web"
Post a Comment